DESA KOMBANG

POTRET ALAM DESA KOMBANG


           Desa  Kombang merupakan sebuah desa yang terletak di bagian tenggara Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep dengan luas wilayah 5.501,6 Ha ( Km2 ) . Untuk menuju desa ini membutuhkan waktu 2 jam 30 menit dari pusat Kota Sumenep, dengan jarak tempuh kurang lebih 28  Km, sedangkan dari jarak antara pusat pemerintah kecamatan dengan desa kombang  kurang lebih 15 Km. Dengan letak geografis berada di dataran tinggi di atas permukaan laut, tanah yang berbatu, berkelok serta kondisi alam yang masih natural.
            Desa Kombang memiliki potensi alam yang sangat luar biasa yang terkenal dengan wisata Gili Labak Island yang terletak di Dusun Lembana.  Selain Gili Labak, Desa Kombang juga memilik wisata Pantai Ponjuk Majapahit, & Jembatan Cinta yang terletak di Dusun Galisek Laok.
            Adapun ciri khas tanaman yang dihasilkan di Desa Kombang diantaranya adalah kacang kaju, buah siwalan, jagung, ubi-ubian, kacang tanah, kacang ijo dll. Mayoritas masyarakat Desa Kombang mata pencahariannya dihasilkan dari tani dan nelayan.
            Akses menuju desa Kombang ini terbilang sangat mudah, diawali dari Provinsi Jawa Timur menuju Kota Surabaya melintasi jembatan Suramadu menuju ujung Timur Madura Island (Sumenep City) dengan jarak tempuh 4-5 jam, dari kota Sumenep langsung menuju pelabuhan Kalianget dengan jarak tempu 1 jam. Di Desa Kombang ini salah satu hal yang paling menonjol (buming) adalah tempat wisata Gili Labak Island.
            Rute menuju Gili Labak Island yaitu yang pertama dari  pelabuhan Kalianget, pelabuhan Kalianget langsung menuju Gili Labak Island  Yang kedua menyeberang Pulau melalui kapal Tongkang yang beroperasi 24 jam dari Pelabuhan Kalianget sampai Pelabuhan Talango. Selepas dari pelabuhan Talango sudah tersedia angkutan Becak Motor (CAKTOR) yang beroperasi 24 jam, menuju penyebrangan di Desa Kombang setelah itu menuju Gili Labak Island.
           Secara Administrasi, Desa Kombangterdiri dari 6 dusun yang mempunyai 22 RT yaitu Dusun Kombang terdiri dari RT 1-4, Dusun Talaga terdiri dari RT 5-8, Dusun Lembana terdiri dari RT 9-12, Dusun Galisek Laok terdiri dari RT 13-6, Dusun Galisek Daja terdiri dari RT 17-20, Dusun Galisek Gunung Malang terdiri dari RT 21-22. Di Desa Kombang terdapat 1123 Kepala Keluarga (KK).
       

Label:PARIWISATA
Posting Lebih Baru
This is the last post.

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.