Keagungan ilmu-MU dibalik Haflatul Imtihan

Journey Unique Of Spiritual Tradision
Keagungan ilmu-MU dibalik Haflatul imtihan



Dibalik cover Haflatul Imtihan
    “Tuntutlah ilmu sebelum ilmu itu diangkat, ilmu diangkat dengan kematian perawi-perawinya. Demi tuhan yang jiwaku di dalam kekuasaanya-NYA sesungguhnya orang-orang yang syahid dalam perang sabil lebih suka dibangkitkan oleh allah nanti sebagai ulama karena mereka mengetahui kemuliaan ulama. Sesungguhnya tak seorangpun dilahirkan berilmu karena ilmu diperolweh dari belajar.” (ibnu mas’ud.r.a)
   Sebuah mutiara hikmah yang pantas untuk menjadi dasar penyelenggaraan sebuah tradisi sacral budaya religious masyarakat ujung timur pulau garam yaitu Haflatul Imtihan. Sebuah tradisi yang menjadi bukti akan kentalnya budaya yang dijunjung masyarakat terhadap segala nikmat yang telah diberikannya secara khusus nikmat umur dan kesanggupan dalam meraih kesuksesan mengali ilmu lebih mendalam. 
  Kelahiran tradisi haflaatul imtihan dipelopori oleh inisiatif para ulama dan wali murid majelis  ilmu pendidikan. Setiap jenjang pendidikan dalam menunjukan rasa syukur akan hasil yang telah diperoleh, baik kelancaran dalam proses diadakannya. Masyarakat secara umum si seluruh kabupaten yang sangat seksi di mata setiap kali memandangnya,sumenep secara rutin turun menurun melakukanya, tentunya dengan pertimbangan yang matang di setiap pihak yang terlibat sehingga kesan keterpaksaan tidak tercium di dalam perasaan akan tetapi rasa akan hal tersebut tidak teramati kecuali pembuat, pemakainya dan maha mengetahui tentunya.
    Terlaksananya acara akibat dari terlaksananya proses pembelajaran pendidikan formal dan agama ini sangatlah manarik perhatian sebagian besar masyarakat melihatnya, penuh dengan kemeriahan layaknya sebuah pesta besar siang hari dan puncak malam tiba hingga larut malam.


Label:PARIWISATA

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.